Minggu, 09 Mei 2010

National Center for Sustainability Reporting (NCSR)

National Center for Sustainability Reporting (NCSR) Indonesia adalah sebuah wadah (organisasi) independen dalam rangka pengembangan, pembinaan, pengukuran, dan pelaporan atas implementasi kegiatan CSR / keberlanjutan perusahaan (corporate sustainability). NCSR Indonesia memiliki anggota dari korporasi, organisasi, dan individu-individu professional yang mempunyai visi dan komitmen yang sama dalam menerapkan dan mengembangkan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

Anggota NCSR terdiri dari lima organisasi independen terkemuka, yaitu: Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Manajemen (IAI-KAM), Komite Nasional Kebijakan Publik (KNKP), Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI), Asosiasi Emiten Indonesia (AEI), dan Indonesia Netherlands Asociation (INA). Dimana NCSR ini dideklarasikan pada tanggal 23 Juni 2005.

Berikut dikutip paragraf dari situs ncsr yang mengatakan pentingnya pelaporan CSR didalam perusahaan. “Pelaporan pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan Perseroan Terbatas di Indonesia telah diwajibkan melalui Pasal 66 Ayat 2 Undang-Undang no.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Sejak beberapa tahun terakhir Bapepan-LK telah pula mengeluarkan aturan yang mengharuskan emiten mengungkapkan pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di dalam laporan tahunan perusahaan.” (Ali Darwin, Executive Director NCSR, Ketua Umum IAMI)
Pelaporan CSR didalam laporan tahunan perusahaan telah diwajibkan oleh pemerintah serta oleh Bapepam-LK. maka dari itu perusahaan perlu melakukan perbaikan didalam kegiatan usahanya untuk memenuhi persyaratan CSR ini demi menjaga nama baik perusahaan serta menaati peraturan yang berlaku.
Berikut ini adalah pemenang (Indonesia Sustainability Reporting Awards) ISRA 2007 yang didalamnya termasuk pelaporan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan.
•Best Sustainability Report 2006: PT Kaltim Primal Coal.
•Best Social and Environmental Reporting 2006, Best Website 2007: PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)
•Best Environment Reporting 2006: PT Aneka Tambang, Tbk (Persero).
•Best Social Reporting 2006: PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom).
•Best Sustainability Report 2006, Runner-Up: PT. Astra International, Tbk.
•Best Social and Environmental Reporting 2006, Runner-Up: PT Tambang Batu Bara Bukit Asam, Tbk.
•Best Environmental Reporting 2006, Runner-Up: PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.
•Best Social Reporting 2006, Runner-Up: PT. Indosat, Tbk
•Commendation for Sustainability Reporting; First Time Sustainability Reporting: PT. Timah, Tbk; PT. International Nickel Indonesia, Tbk (INCO); PT. Indah Kiat Pulp & Paper.

sumber: http://ncsr.evolutionteams.com/id/isra2008.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dilarang membuat komentar yang berbau SARA dan Pornografi, thx.