Sabtu, 08 Mei 2010

KM & IT : KMSs Cycle

berikut merupakan materi dari sebuah buku yang saya kutip.

Judul Buku : Information Technology for Management
Pengarang : Efraim Turban dan Linda Volonino
Tahun : 2010
Penerbit : John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd



Alasan dari sebuah sistem bersifat cyclical adalah karena knowledge secara dinamis diperbaharui (refined) setiap waktu. knowledge dalam sebuah KMSs yang bagus tidak pernah berakhir karena, seiring dengan berlalunya waktu, lingkungan berubah, dan knowledge harus diperbaharui (updated) untuk merefleksikan perubahan. siklus tersebut bekerja sebagai berikut:
1.Create Knowledge. knowledge dibuat karena orang menentukan cara baru untuk melakukan sesuatu atau mengembangkan know-how. terkadang pengetahuan dari luar dibawa ke dalam.
2. Capture Knowledge. knowledge yang baru harus diidentifikasikan memiliki nilai dan disajikan dengan cara yang masuk akal.
3. Refine Knowledge knowledge yang baru harus diletakkan pada konteks sehingga dapat ditindaklanjuti. ini adalah dimana wawasan (tacit qualities) harus ditangkap dengan fakta yang eksplisit.
4. Store Knowledge. knowleddge yang berguna harus ditempatkan dalam bentuk yang masuk akal dalam sebuah tempat penyimpanan knowledge sehingga orang lain dalam organisasi dapat mengaksesnya.
5. Manage Knowledge. seperti halnya perpustakaan, knowledge harus tetap aktual/terbaru. knowledge tersebut harus ditinjau untuk memverifikasi apakah masih relevan dan akurat.
6. Disseminate Knowledge. knowledge harus dibuat tersedia dalam sebuah bentuk yang berguna untuk setiap orang dalam organisasi yang membutuhkannya, dimana saja, dan kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dilarang membuat komentar yang berbau SARA dan Pornografi, thx.