Sabtu, 08 Mei 2010

KM & IT : Concepts and Definition 2

berikut merupakan materi dari sebuah buku yang saya kutip.
Judul Buku : Information Technology for Management
Pengarang : Efraim Turban dan Linda Volonino
Tahun : 2010
Penerbit : John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd

Knowledge

dalam konteks teknologi informasi, knowledge sangat berbeda dari data dan information. dimana data merupakan sebuah kumpulan dari kebenaran, pengukuran, dan statistik; information adalah data yang telah diproses atau telah diorganisir yang tepat waktu dan akurat (Holsapple, 2003). Sedangkan knowledge adalah informasi yang contextual, relevant, dan actionable.








Knowledge memiliki karakteristik berikut ini yang membedakannya dari aset organisasi lainnya (Holsapple, 2003) yaitu:
- Extraordinary leverage and increasing returns. knowledge biasanya bukan subjek dari diminishing returns. saat knowledge digunakan, knowledge tersebut tidak terkonsumsi (habis). penggunanya dapat memberi tambahan kepada knowledge tersebut yang meningkatkan nilainya.
- Fragmentation, leakage, and the need to refresh. saat knowledge berkembang, knowledge akan bercabang dan terpisah-pisah. knowledge bersifat dinamis; merupakan informasi dalam tindakan (information in action). jadi, sebuah organisasi harus selalu memperbaharui basis pengetahuannya untuk mempertahankannya sebagai sumber dari keunggulan kompetitifnya.
- Uncertain value. adalah sulit untuk mengestimasi dampak dari investasi dalam knowledge. terlalu banyak aspek intangible
- Uncertain value of sharing. serupa dengan sebelumnnya, adalah sulit untuk mengestimasi nilai dari pembagian knowledge, atau siapa yang paling diuntungkannya.
- Rooted in time. kegunaan dan keuntunggan dari knowledge akan bervariasi dalam waktu; karenanya, kesegeraan, umur, perishability, dan volatility dari knowledge merupakan sifat yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dilarang membuat komentar yang berbau SARA dan Pornografi, thx.