Kamis, 13 Mei 2010

KM & IT : Enterprise Knowledge Portals

Berikut merupakan materi dari sebuah buku yang saya kutip.

Judul Buku : Information Technology for Management
Pengarang : Efraim Turban dan Linda Volonino
Tahun : 2010
Penerbit : John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd

Enterprise knowledge portals (EKPs) merupakan pintu masuk kepada banyak KMSs. EKPs telah berkembang dari sebuah konsep yang didasari pada enteprise information systems, group support systems, web browsers, dan DBMS. kebanyakan EKPs memadukan data integration, reporting mechanisms, dan collaboration, selagi sebuah server meng-handle document management dan KM. portal mengumpulkan setiap kebutuhan informasi pengguna: data dan dokumen, e-mail, web links, dan queries, dynamic feeds dari network, dan shared callendar dan task list.
contoh EKP yang suskes adalah Cisco's Employee Connection. portal tersebut menynediakan akses ke intranet perusahaan kapan dan dimana saja; portal terseut dihitung dapat menghemat sebesar $550 juta setiap tahunnya, dimana yang paling menentukan adalah improved self service. tujuan dari sistem tersbut adalah untuk menghubungkan sebanyak mungkin sistem dan aplikasi sehingga pengguna memiliki tempat masuk tunggal ke dalam Cisco's information systems.

Menggunakan KM dalam pelatihan dan pembelajaran

pengetahuan yang terakumulasi dalam organisasi dapat digunakan untuk melatih pegawai baru dan melatih ulang pegawai lama. expert system, sebagai contoh, dapat digunakan untuk memfasilitasi pelatihan. beberapa perusahaan menyediakan metodologi yang berisi basis pengetahuan dan KM untuk pelatihan. (hamastar.com.tw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dilarang membuat komentar yang berbau SARA dan Pornografi, thx.